Globalonlinez’s News

the cybernews onlinez

CIPTAKAN LAPANGAN KERJA BARU MELALUI KUR MIKRO UNTUK UMK SEBAGAI PENYELAMAT BANGSA

Posted by globalonlinez pada Oktober 17, 2008

Bertempat Graha Kapital Jakarta Senin 13 Oktober 2008 diadakan jumpa pers guna membahas Sistem Resiliensi Nasional tolak bala-krisis finansial global 08,dengan pembicara Dr.Ir.B.S. Kusmuljono.MBA Chairman/ketua Center for Policy Reform (CPR)-Indonesia.

Pada tahun 1983 saat terjadinya krisis moneter pemerintah Indonesia memberikan solusi dengan bail out melalui 3 langkah strategis yakni : Memberikan Bantuan Likuiditas perbankan, Membeli/mengambil alih kredit macet (bad debt ), Mengambil alih saham. untuk para nasabah penyimpanan ( deposan ) bank, pemerintah memberikan blanket guarantee jaminan penuh terhadap seluruh simpanan nasabah, Indonesia saat ini sudah menerapkan Undang-Undang No 24 tahun 2004 tentang lembaga penjaminan simpanan/LPS pasal 11 ayat 1 yang menyatakan bahwa nilai simpanan yang dijamin untuk setiap nasabah pada satu bank sebesar Rp 100 juta, Elemen kunci (key element ) untuk mengatasi ksisis keuangan global adalah mengurangi pengangguran(unemployment), beberapa data yang dikumpulkan untuk penganggurandi berbagai negara sebagai berikut: Indonesia:10%, USA:6,1%, UK 5,5% dan France ;7,2%.

Sehingga solusi global yang ditawarkan adalah perluasan lapangan pekerjaan dan khusus untuk Indonesia adalah memberikan kesempatan lebih luas kepada rakyat untuk mengembangkan ekonomi rakyat melalui sehingga rakyat dapat meningkatkan pendapatannya dan sekaligus daya belinya melalui 40 juta Usaha Mikro/Sektor Informal (UMK) untuk berkembang melalui,1.dikembangkan, 2, kemudahan dalam pengurusan izin usaha dan penggunaan sumberdaya yang selama ini kurang produktif dan 3,. kemudahan dalam upaya meningkatkan penguasaan teknologi dan akses pasar, karena slama ini UMK sudah terbukti mampu menjadi penyelamat ekonomi nasional menghadapi krisis seperti yang terjadi pada tahun 1998 yang lalu.

Pemerintah Indonesia menjalankan program Nasional pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dengan anggaran Rp.51 triliun pada tahun 2008 dengan target penurunan kemiskinan berupa:Bantuan Sosial:BLT,Raskin dll(Cash Transfer), Padat Karya:Cash for Work-Infrastruktur Pedesaan, Perluasan Permodalan Usaha Mikro-kecil(Microfinance) oleh lembaga pemerintah,menurut Bank Dunia, krisis keuangan hanya akan menambah sulit negara berkembang melindungi rakyat yang paling rentan dari dampak kenaikan bahan bakar dan makanan, tingginya harga bahan bakar dan makanan akan meningkatkan jumlah orang yang kekurangan gizi di seluruh dunia pada tahun 2008 yang diprediksikan sebanyak 44 juta orang hingga mencapai jumlah 967 juta orang.
Center for Policy Refrom (CPR) – Indonesia menawarkan No Bail Out&No Blanket Guarentee tetapi menyarankan sistem reseliensi nasional-agar pemerintah semakin memperkuat sektor riil terutama usaha mikro dan kecil melalui lembaga keuangan mikro(LKM) dengan tujuan menciptakan lapangan tenaga kerja baru sebagai berikut;1. Reevaluasi rencana kegiatan impor hanya untuk barang yang benar-benar diperlukan, mendesak dan tidak dapat diproduksi atau tidak ada barang substitusinya di dalam negeri, 2. Reevaluasi kredit properti(apartement mewah) -Perbankan termasuk juga kredit kendaraan bermotor, 3. Reevaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan mengintegrasikannya ke sumber pembiayan perbankan untuk keuangan mikro ( micro finance) melalui sistem dan mekanisme perbankan,4. Optimalisasi sumber daya dan dana pemerintah dan perbankan untuk pembiayaan usaha mikro dan kecil (UMK) melalui sistem dan mekanisme serta linkage dengan lembaga keuangan mikro(LKM).(DANNY/globalonlinez)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: